Minggu, 28 November 2010

Zainal Arifin Mochtar

Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gajah Mada, Zainal Arifin Mochtar mengatakan, jalan yang akan dilalui Busyro Muqoddas sebagai ketua Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) yang baru tidaklah mudah.

"Ibarat kata, Busyro ini nahkoda baru yang diserahi kapal bocor dan oleng. Ia diminta memperbaiki kapal ini, yang tentunya tidaklah mudah," kata Zainal dalam diskusi bertajuk KPK dan Mafia Hukum di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/11/2010) .

Zainal mengatakan, tugas Busyro adalah memperbaiki internal KPK sembari melanjutkan kinerja melakukan pemberantasan korupsi. Untuk itu, kata Zainal, harus didukung oleh berbagai pihak. "Ada dukungan dari Pemerintah, DPR, Lembaga Hukum Kepolisian - Kejaksaan," katanya.

Busyro Muqoddas terpilih sebagai ketua KPK yang baru menggantikan Antasari Azhar. Busyro mengalahkan saingannya Bambang Widjojanto lewat pengambilan suara di DPR.

Mantan ketua Komisi Yudisial ini memperoleh 34 suara, sementara Bambang hanya 20 suara. Busyro akan menahkodai KPK selama satu tahun ke depan, sampai Desember 2011 . Demikian catatan online Cililins tentang Zainal Arifin Mochtar.

Minggu, 14 November 2010

Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan telah menjadi bagian gaya hidup banyak orang. Berbagai cara pun digunakan menghadirkan gaya hidup ramah lingkungan dari soal pilihan makanan, kendaraan, hingga perangkat elektronika.

Tak ketinggalan dalam rancangan notebook. Asus, produsen komputer asal Taiwan, telah memperkenalkan model notebook hijau dengan merilis Bamboo Series sejak tahun 2008.

"Ini merupakan simbol penghijauan, lifestyle yang lebih hijau dari segi penggunaan material," ujar Juliana Chen, Product Marketing Manager Asus Indonesia, saat memperkenalkan notebook U43JC Bamboo Series di Jakarta, Kamis (11/11/2010). Produk tersebut merupakan notebook generasi kedua yang menggunakan material bambu.

Juliana menjelaskan proses penggunaan bambu dalam produksi notebook. Pertama, batang bambu dipotong-potong kemudian dikeringkan. Potongan tersebut kemudian dipres dan dilem sebelum dipasang, diinjeksi lapisan plastik, dan dicat. "Dengan kita meng-integrate penggunaan bambu, kita bisa mengurangi 25 persen penggunaan plastik," ujar Juliana.

Penggunaan bambu bukan tanpa alasan. Juliana mengatakan dalam filosofi China, yang merupakan asal tanaman tersebut, bambu merupakan simbol elegan. Bambu secara fisik juga merupakan material yang lebih kuat dibanding material organik lainnya dari alam.

Tidak hanya raah lingkungan, Asus juga memperhatikan desain notebook berbahan bambu. Kalau pada seri pertama, tampilannya seperti serat bambu asli yang cerah, kali ini warnanya lebih tua seperti permukaan bambu wulung. Notebook tersebut pun tipis hanya dengan ketebalan 19 milimeter. Daya tahan baterainya diklaim mencapai 10,5 jam didukung teknologi Super Hybrid Engine. Satu unitnya dibanderol seharga 1.209 dollar As atau sekitar Rp 11 juta.

Spesifikasi U43JC Bamboo Series

Prosesor Intel Core i5-460M (3 MB cache, 2,53 GHz Turbo up to 2,8 GHz)
Sistem operasi Windows 7 Home Premium
Grafis VGA Card NVIDIA GeForce 6310M with 1 GB VRAM
Layar 14 inci HD (1366x768) LED display
Memori RAM 2 GB DDR3 1066 MHz
Hardisk 500 GD SATA
Disc Drive DVD Writer Super Multi Dual Layer
Koneksi WiFi 802.11 b/g/n dan Bluetooth 3.0
Baterai 8 sel Li-ion 5600 mAh
Berat 2,1 kg
Webcam 2 MP
Harga 1.209 dollar AS
Demikian catatan online Cililins tentang Ramah Lingkungan.

Kamis, 11 November 2010

Status Terdakwa

Status Terdakwa kasus mafia hukum, Gayus Tambunan segera bertambah. Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu segera ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyuap petugas untuk keluar tahanan.

"Gayus juga akan ditetapkan sebagai tersangka, sebagai penyuap," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Iskandar Hasan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 11 November 2010.

Gayus diduga tak hanya sekali keluar rumah tahanan. Berdasarkan pengakuan penjaga yang diperiksa karena diduga menerima suap, Gayus beberapa kali keluar tahanan sejak Juli 2010 yang lalu.

Bahkan, foto mirip Gayus dan istrinya beredar tengah melihat pertandingan tenis di Bali. Terkait foto ini, lagi-lagi Mabes Polri mengaku belum bisa memastikan apakah benar-benar foto Gayus dan istrinya. "Kita belum sampai ke foto, kita masih terkait sembilan polisi yang terlibat," kata dia.

Penyidik, kata Iskandar, akan mengumpilkan semua barang bukti terkait dugaan suap yang diberikan Gayus kepada petugas rutan tersebut. "Kalau ada nanti barang bukti yang terkait dan bisa dikembangkan sebagai alat bukti akan kita kembangkan, baik kamera, surat, maupun pesan-pesan akan kami sita," kata dia. Demikian catatan online Cililins tentang Status Terdakwa.

Rabu, 10 November 2010

Menindaklanjuti Pemberitaan

Menindaklanjuti Pemberitaan di media tentang foto orang mirip Gayus sedang menonton pertandingan tenis di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu, Satgas Mafia Hukum akan menemui fotografer Kompas, Agus Susanto.

Rencana awalnya, Agus akan diminta datang ke kantor Satgas pukul 14.00, tetapi kemudian berubah. Sejauh ini tempat dan waktu pertemuan belum ditentukan.

Redaktur Pelaksana Harian Kompas Budiman Tanuredjo di Jakarta, Rabu (10/11/2010), menegaskan bahwa pertemuan itu dalam rangka mengumpulkan informasi semata sebelum Satgas memanggil pihak kepolisian.

"Jadi ini bukan pemeriksaan dalam rangka BAP (berita acara pemeriksaan) karena Satgas bukan penyidik," kata Budiman.

Seperti diberitakan, begitu mendengar ada orang mirip Gayus menonton pertandingan tenis turnamen Bank Commonwealth di Bali, Agus kemudian berusaha mencari orang yang dimaksud. Setelah pindah posisi tiga kali, Agus akhirnya berhasil memotret orang itu.

Foto tersebut kemudian menjadi sangat menarik dari sisi pemberitaan karena, pada saat bersamaan, Gayus juga diketahui tidak berada di selnya di Rumah Tahanan Brimob Kelapa Dua, Depok. Demikian catatan online Cililins tentang Menindaklanjuti Pemberitaan.

Selasa, 09 November 2010

Barack Obama

Presiden AS Barack Obama terkenang masa lalunya ketika dia berada di Indonesia, terutama tentang becak dan bemo, kendaraan khas Jakarta yang sering dia jumpai pada masa kecilnya.

"Tahun 1967, saat itu orang-orang naik becak, kereta yang dikayuh dengan roda tiga. Dan kalau tidak naik becak, mereka naik bemo," kata Obama saat menggelar konferensi pers bersama Presiden SBY di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/11/2010) malam.

Saking melekatnya kenangan masa lalu itu, Obama bahkan menjelaskan apa yang dimaksud dengan bemo.

"Jadi seperti taksi kecil dan orang bisa duduk atau berdiri di belakang. Sangat padat," katanya sembari tersenyum dan disambut gelak tawa hadirin.

Menurut Obama, kembali ke tempat yang dulu pernah ditinggali adalah hal yang luar biasa.

Namun, Obama mengaku mengalami disorientasi ketika kembali ke Jakarta setelah puluhan tahun ditinggalkan.

Menurut Obama, Jakarta sudah menjadi jauh lebih baik dibanding pada saat dia tinggal dulu. "Saya rasa itu luar biasa untuk kembali," katanya. Demikian informasi dari Cililins tentang Barack Obama.
 
 
Copyright © 2013 Cililins All Rights Reserved
Animal World