Jumat, 15 Juli 2011

Menangani kasus tabrak oleh polisi udara

Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo mengatakan, ia akan menginstruksikan Divisi Profesi dan Pengamanan Polri untuk menangani kasus tabrak oleh polisi udara, Briptu Nina Mahadiyanti, terhadap Ibnu Yunianto, yang juga wartawan Jawa Pos. "Nanti Propam saya turunkan," ujar Kapolri kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (15/7/2011).

Sebelumnya, Ibnu telah melaporkan dugaan adanya intervensi dalam penanganan kasus kecelakaan yang berujung penganiayaan ke Divisi Propam Polri. "Kami menduga ada intervensi terhadap proses penyidikan. Ada ancaman ketika proses pemberkasan. Khawatir akan pengaruhi proses penyelidikan," kata Imam Syafii, penasihat hukum Ibnu, di Mabes Polri, Selasa (12/7/2011).

Imam menjelaskan, dugaan intervensi itu terlihat dari berubahnya pasal yang disangkakan kepada Ibnu terkait pemukulan terhadap Briptu Nina Mahadiyanti, polwan Direktorat Polisi Air dan Udara. Intervensi diduga dilakukan suami Nina, Aiptu Haryanto.

Awalnya, Ibnu dijerat Pasal 352 KUHP tentang penganiyaan ringan yang tidak menyebabkan terganggunya aktivitas seseorang dengan ancaman tiga bulan penjara. Pasal itu dikenakan berdasarkan hasil visum yang dikeluarkan Rumah Sakit UIN Syarief Hidayatullah, yakni memar kemerahan di bagian pipi.

Namun, pasal yang menjerat Ibnu berubah menjadi Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan yang mengakibatkan seseorang luka ringan dengan ancaman penjara 2 tahun 8 bulan. Perubahan pasal itu berdasarkan visum kedua yang dikeluarkan RSPP, yakni ada pendarahan di luka bekas operasi caesar yang baru tiga minggu dilakukan Nina dan memar di bahu kiri.

Seperti diketahui, Ibnu memukul helm full face yang dipakai Nina setelah ada indikasi polwan itu tak bertangggung jawab dan berusaha melarikan diri. Tak ada pemukulan di bagian perut. Sebelum pemukulan itu, Nina sempat terjatuh dari motor setelah menabrak motor yang dikendarai Ibnu.

Tabrakan itu mengakibatkan istri Ibnu, Dhian, serta Ahmad Yusuf (16 bulan) dan Puan (4) mengalami luka-luka. Ibnu telah membuat laporan polisi ke Polres Jakarta Selatan terkait kecelakaan itu. Belum diketahui sampai mana proses penyelidikan kecelakaan itu.

Sejumlah anggota Direktorat Polisi Udara sempat mendatangi dan membuat keributan di Polsek Ciputat. Intimidasi terhadap Kepala Polsek Ciputat terjadi setelah Ibnu diizinkan keluar dari kantor polisi itu untuk membawa anaknya ke rumah sakit.

Imam menyebutkan, pihaknya masih mengusahakan untuk menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan karena kedua pihak sama-sama menjadi korban. Pihaknya siap mencabut laporan jika terjadi kesepakatan jalan damai.

"Informasi dari penyidik, suami polwan keberatan karena dia belum pernah pukul istrinya tetapi kok orang lain memukul istrinya. Harusnya dilihat dari dua sisi, kenapa terjadi pemukulan. Itu terjadi karena kecelakaan yang disebabkan kealpaan istrinya, tidak ada itikad baik menolong dan ada upaya melarikan diri," jelas Imam. Demikian catatan online Cililins yang berjudul Menangani kasus tabrak oleh polisi udara.

Selasa, 12 Juli 2011

Duit investasi

Meski menggelontorkan duit investasi tahun pertama sebesar 27 juta dollar AS, Lotte Group asal Korea Selatan melalui PT Lotte Shopping Plaza Indonesia masih terkesan meraba atau mencari bentuk konsep pusat perbelanjaan bakal diluncurkan tahun depan. Nama pusat perbelanjaan itu adalah Lotte Department Store.

Presiden Direktur PT Lotte Shopping Plaza Chang-Suk Suh dalam penjelasan pada Selasa (12/7/2011) hanya secara garis besar mengatakan kalau pihaknya akan menawarkan paradigma baru dalam berbelanja.

Sejatinya, Lotte memang sudah menandatangani perjanjian dengan pihak Ciputra Property Tbk untuk penyewaan 130.000 meter persegi area di mal Ciputra World Jakarta. Perjanjian itu berdurasi 20 tahun lamanya.

Sebelum di Jakarta, pihak Lotte sudah membuka pusat perbelanjaan serupa di empat lokasi yakni Moskwa (Rusia), Beijing dan Tianjin di China serta di Ho Chi Minh City (Vietnam). Sampai dengan 2018, Lotte Department Store berupaya masuk dalam jajaran lima pusat perbelanjaan terbesar dunia di luar Korea Selatan. Demikian catatan online Cililins yang berjudul Duit investasi.

Rabu, 06 Juli 2011

Penambahan kuota bahan bakar minyak

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta penambahan kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam Rancangan APBN Perubahan 2011 sebesar 1,9 juta kiloliter (kl). Tambahan volume BBM bersubsidi itu disebabkan rencana pengaturan belum terlaksana.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Evita H Legowo dalam paparannya pada rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR terkait Asumsi Makro RAPBN Perubahan 2011, Rabu (6/7/2011) di Jakarta.

Kuota BBM bersubsidi dalam APBN 2011 sebesar 38,59 juta kl dengan rincian premium 23,19 juta kl, minyak tanah atau kerosin 2,23 juta kl, dan solar 13,08 juta kl. Namun, ternyata realisasi sampai 15 Juni menunjukkan, realisasi konsumsi premium 11,03 juta kl (105 persen) dan minyak solar 6,32 juta kl (106 persen).

Atas dasar itu, Kementerian ESDM mengusulkan penambahan kuota BBM bersubsidi sebesar 1,9 juta kl atau kuota BBM bersubsidi menjadi 40,49 juta kl dalam RAPBN Perubahan 2011. Dengan rincian, kuota premium naik jadi 24,54 juta kl dan kuota minyak solar menjadi 14,15 juta kl. Penambahan volume BBM bersubsidi ini disebabkan rencana pengaturan belum terlaksana dan pertumbuhan jumlah kendaraan di atas rata-rata.

Penyebab lain adalah disparitas atau perbedaan harga BBM bersubsidi dan nonsubsidi yang menyebabkan migrasi konsumen nonsubsidi ke BBM subsidi dan penyelewengan BBM ke industri," kata Evita menegaskan.

Dengan semakin lebarnya disparitas harga maka konsumsi BBM bersubsidi menjadi meningkat," ujarnya. Sementara penjualan pertamax pada bulan Juni 2011 naik dibandingkan bulan sebelumnya sebagai dampak dari sosialisasi pengaturan BBM bersubsidi dan turunnya harga pertamax.

Disparitas harga BBM subsidi dan nonsubsidi diharapkan turun. Hal ini sebagai dampak pelaksanaan kebijakan pengaturan BBM bersubsidi hanya dengan upaya penguatan kelembagaan (Badan Pengatur Kegiatan Hilir Migas dan PT Pertamina) dan berdasarkan kecenderungan penurunan harga minyak yang akan mengurangi disparitas harga BBM subsidi dan nonsubsidi. Demikian catatan online Cililins yang berjudul Penambahan kuota bahan bakar minyak.
 
 
Copyright © 2013 Cililins All Rights Reserved
Animal World