Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misi Roket Berawak Shenzhou-9

Tiga astronot yang tergabung dalam misi roket berawak Shenzhou-9 akhirnya kembali menjejakkan kaki di bumi, pagi ini. Para astronot, termasuk seorang astronot wanita pertama China, berada dalam keadaan sehat.

Dilaporkan kantor berita Xinhua Jumat 29 Juni 2012, roket yang diluncurkan China pada 16 Juni lalu berhasil mendarat dengan selamat di pangkalannya di wilayah Mongolia Dalam pukul 10.00 waktu setempat.

"Kami telah kembali, dan kami baik-baik saja," kata para astronot melaporkan kondisi mereka sebelum roket menyentuh bumi. Hal ini dikonfirmasi oleh para petugas medis yang kemudian memeriksa mereka.

Misi roket berawak Shenzhou-9 dipimpin oleh seorang astronot veteran, Jing Haipeng, ditemani dua astronot lain, yaitu Liu Wang dan Liu Yang. Nama yang disebut terakhir ini merupakan astronot wanita pertama China. Dilansir Al Jazeera, Liu Yang juga dinobatkan sebagai pahlawan nasional wanita China.

Misi Shenzhou-9 merupakan misi pengiriman roket berawak yang keempat bagi Negeri Tirai Bambu, namun merupakan misi pertama yang melibatkan seorang astronot wanita. Penambahan astronot wanita dilakukan karena dinilai dapat dapat memberi kontribusi besar bagi keberhasilan misi luar angkasa.