Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memberikan dispensasi khusus kepada sekolah untuk meliburkan murid jika kegiatan belajar-mengajar tidak mungkin dilakukan akibat adanya debu vulkanik Gunung Merapi.

"Kondisinya mendadak dan hingga kini debu vulkanik masih menutupi Kota Yogyakarta. Oleh karena itu, sekolah dapat diliburkan atau memulangkan murid jika kegiatan belajar-mengajar tidak memungkinkan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Ashrori di Yogyakarta, Sabtu (30/10/2010).

Dinas Pendidikan Kota YogyakartaMenurut dia, keputusan untuk memulangkan murid atau meniadakan kegiatan belajar-mengajar semata-mata didasarkan alasan kesehatan untuk siswa, pengajar, dan warga sekolah lainnya.

Namun, lanjut dia, apabila kegiatan belajar-mengajar masih mungkin dilakukan, maka seluruh siswa dan pengajar diminta menggunakan masker untuk mengantisipasi terhirupnya debu vulkanik yang akan menyebabkan gangguan pernapasan.

"Jika debu vulkanik terhirup, akan ada gangguan kesehatan sehingga kami berkoordinasi dengan sekolah untuk menentukan langkah terbaik bagi siswa," katanya.

Ia mengatakan, sudah ada sejumlah sekolah yang meliburkan muridnya seperti SD Ungaran, Yogyakarta, dan SD Masjid Syuhada, Yogyakarta.

Budi mengatakan, keputusan untuk memulangkan murid atau meliburkan sekolah tersebut tidak dibatasi waktu karena masih menunggu perkembangan kondisi.

"Jika kondisi pada Senin (1/11) sudah dinilai aman, sekolah sudah bisa melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dengan normal," katanya.

Gunung Merapi pada pukul 00.16 WIB selama 21 menit kembali memuntahkan material vulkanik yang mengakibatkan Kota Yogyakarta tertutup debu vulkanik.

Melalui pesan singkat telepon seluler, Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto mengimbau kepada masyarakat Yogyakarta dan masyarakat yang sedang berada di wilayah tersebut untuk menggunakan masker atau penutup hidung untuk menghindari abu vulkanik demi kesehatan. Demikian informasi dari Cililins tentang Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta terima kasih.