Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantuan pendidikan

Kemendiknas RI melalui Kopertis Wilayah II menyalurkan bantuan pendidikan berupa beasiswa program bantuan belajar mahasiswa (BBM) dan peningkatan potensi akademik (PPA) di Kampus Universitas Bina Darma (UBD), Palembang, kemarin. Ketua Kopertis Wilayah II Prof Diah Natalisa menyebutkan, tahun ini pihaknya mendapatkan kuota penerima beasiswa yang ditentukan Kemendagri sebanyak 4.525 mahasiswa. Untuk Provinsi Sumsel terdaftar 105 perguruan tinggi swasta (PTS), di mana 64 di antaranya berada di Palembang.

“Di periode akhir 2011 ini, 150 mahasiswa UBD Palembang berhak mendapatkan beasiswa tersebut. Mereka terdiri dari 25 mahasiswa yang menerima beasiswa program BBM dan 125 mahasiswa menerima program beasiswa (PPA),”ungkap Diah. Adapun persyaratan dan ketentuan agar dapat menerima beasiswa program PPA, mahasiswa harus memiliki IPK rata-rata 3,0. Sedangkan, untuk beasiswa program BBM, mahasiswa melampirkan surat keterangan dari pemerintah setingkat lurah dan camat, yang menjelaskan bahwa mahasiswa bersangkutan berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam penyaluran beasiswa untuk mahasiswa UBD Palembang, hampir setiap program studi menerima beasiswa ini.Mereka terdiri dari 56 mahasiswa Fakultas Komputer, 21 orang Fakultas Ekonomi, 5 mahasiswa Fakultas Teknik, 6 mahasiswa Fakultas Komunikasi, 57 FKIP,4 Psikologi, dan 1 mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Sastra. “Masing-masing mahasiswa mendapatkan bantuan berupa dana bantuan belajar selama satu tahun. Setiap bulannya, disiapkan dana sebesar Rp350.000 per mahasiswa yang dicairkan setiap 6 bulan,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UBD Palembang Prof Bochari Rachman menyampaikan harapannya kepada 150 mahasiswa yang menerima bantuan beasiswa dari Kemendiknas melalui Kopertis Wilayah II tersebut. “Saya harap beasiswa tersebut dapat memacu dan menjadi motivasi untuk belajar lebih baik lagi, dan mampu menempuh semua mata perkuliahan dengan waktu yang sesingkat-singkatnya,”katanya.

Apalagi, lanjut dia, setiap tahun akademik, UBD selalu mendapatkan beasiswa dari Kemendiknas, dengan jumlah mahasiswa yang terus mengalami peningkatan. UBD sendiri telah menerima bantuan beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional ini sejak 15 tahun terakhir,”tukasnya.